Senin, 14 Juni 2010

OBSERVASI ALAM, HARUSKAH DITERAPKAN PADA PESERTA DIDIK?

0 komentar

Alam terasa begitu jauh dari dekapan peserta didik terutama pelajar yang menjadikan sekolah menjadi rumah kedua setelah rumah pribadi mereka. Hal ini yang menjadi kekhawatiran pemerintah karena terlalu tersentralnya proses pendidikan di sekolah membuat jarak yang begitu renggang dengan para siswa karena kurang adanya perhatian pelajar terhadap kondisi alam yang seharusnya menjadi sahabat bagi mereka sejak dini.

Pengetahuan tentang kondisi alam sangatlah penting bagi pelajar, dimana kehidupan di masa mendatang yang memegang adalah mereka, bagaimana cara merawat dan menjaga alam, melestarikan serta memperbaiki alam jika terjadi pencemaran atau kerusakan. Hal tersebut menjadi vital di kalangan pelajar, dan semua itu tidak akan didapatkan secara utuh di sekolah karena observasi alam dengan mendatangi secara langsung merupakan cara yang paling efektif guna mendapatkan pengetahuan tentang alam. Disana peserta didik tahu tentang betapa pentingnya menjaga alam, merawat alam, bersahabat dengan alam dan seterusnya.

Berbeda dengan pola pengajaran pada sekolah-sekolah yang hampir selalu di dalam kelas dalam memberikan materi, sehingga pelajar tidak begitu tahu tentang kondisi alam yang sebenarnya. Maka dari itu penting kiranya observasi alam secara langsung dapat diterapkan pada peserta didik guna kelangsungan hidup mereka mendatang.

Comments

0 comments to "OBSERVASI ALAM, HARUSKAH DITERAPKAN PADA PESERTA DIDIK?"

Posting Komentar

 

Copyright 2008 All Rights Reserved SRSC-Subiadinata by Subiadinata Converted into Blogger Template by Bloganol dot com